TELAAH KRITIS FATWA MAJELIS ULAMA INDONESIA (MUI) TERHADAP PRODUK SANDANG

Authors

  • Afifatul Munawiroh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember, Indonesia
  • M. Khoirul Hadi al- Asy'ari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35719/ijl.v1i3.88

Keywords:

Social Fatwa, Legal Labeling, life Style

Abstract

This research based on Islamic Economisation in Indonesian: a Critical review of the editcts of the Majelis Ulama Indonesia (MUI) on Clothing products and their effects on the migration of life style discourse in Indonesian. In this paper there are three important questions. First, how is the history of the emergence of legal labeling in Majelis Ulama Indonesia? Second, how to develop products that are labeled halal labeling on clothing from Majelis Ulama Indonesia? Third, How the impact of halal labeling on clothing from Majelis Ulama Indonesia? With the approach of the Phemenology to expalain develop produvts that are labeled  halal lebeling on clothing from Majelis Ulama Indonesia and explain the impact of halal labeling on clothing from Majelis Ulama Indonesia. And then, the history of the emergence of legal labeling in Majelis Ulama Indonesia expalain in the analysis content. The results of this study are first, to know the history of the emergence of legal labeling in Majelis Ulama Indonesia second, to know develop products that are labeled halal labeling on clothing from Majelis Ulama Indonesia third, to know the impact of halal labeling on clothing from Majelis Ulama Indonesia.

References

Lies Afroniyati, 2014,”Analisi Ekonomi Politik Sertifikasi Halal oleh Majelis Ulama Indonesia”, Yogyakarta, Jurnal Kebijakan dan Administrasi Publik.

Nurul, Istiqomah. 2016. “Mengungkap Mitos Simbol Halal pada Kerudung Zoya di Instagram”. Semarang. Skripsi, Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universtas Diponegoro.

Siti, Maemonah. 2017. “Pengaruh Merk dalam Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jilbab Zoya: Studi Kasus Pada Konsumen di Outlet Produk Jilbab Zoya Pamularsih Semarang”. Skripsi Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Ikhsan, Abdullah. 2018. “Undang Undang No 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal dan Tantangan Sekaligus Peluang Bagi Dunia Industri”. Jember.

Lembaga Pengkajian Pangan Obat obatan dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia dikutip dari www.halal.mui.org pada tanggal 1 Juli 2019 pukul 15.25 wib

Sejarah Majelis Ulama Indonesia (MUI) dikutip dari www.mui.or.id pada tanggal 1 Juli 2019 pukul 14.10 wib

Sofyan Hasan, “Kepastian Hukum Sertifikasi dan Labelisasi Halal Produk Pangan”, Jurnal Dinamika Hukum, Volume 14 Nomor 2, 2 Mei 2014, Palembang: Universitas Sriwijaya.

Khoirul, Hadi dan Afifatul, Munawiroh. 2019. “Dari Fatwa Preventif Menuju Fatwa Advokatif: Menggagas Metodologi Penetapan Fatwa Majelis Ulama Indonesia Menggunakan Prinsip Keterbukaan Fatwa (Fath Az-Zari’ah) dan Kritik Terhadap Fatwa MUI yang Menggunakan Prinsip Pencegahan dalam Fatwa (Sadd Az-Zari’ah) yang Berkaitan dengan Hukum Keluarga”. Jember. Jurnal Fakultas Syariah IAIN Jember.

Yuli Mutiah Rambe dan Syaad Afifudin, 2012, “Pengaruh Pencantuman Label Halal Pada Kemasan Mie Instan Terhadap Minat Pembelian Masyarakat Muslim”, Desember 2012, Jurnal Ekonomi dan Keuagan.

Dampak Produk Tanpa Label Halal Dalam Membuat Keputusan Pembelian Produk Kosmetik: Studi pada Konsumen Swalayan Aneka Jaya Ngaliyan Semarang, dikutip di walisongo.ac.id pada tanggal 3 Juli 2019 pukul 12.02 wib.

Fuad Mustafid, 2014, “Ketika Makkah Menjadi Las Vegas Agama, Politik, dan Ideologi”, Jakarta, PT Gramedia Pustaka Umum.

Downloads

Published

2020-12-23

How to Cite

Munawiroh, A., & Asy’ari, M. K. H. al-. (2020). TELAAH KRITIS FATWA MAJELIS ULAMA INDONESIA (MUI) TERHADAP PRODUK SANDANG. Indonesian Journal of Law and Islamic Law (IJLIL), 2(2), 306–331. https://doi.org/10.35719/ijl.v1i3.88

Issue

Section

Articles